No Image

information

  • Published: BPP Jambi
  • Date: : 18 / 06 /

Kementan Beri Bantuan P4S Permata Ibu, Walikota Padang Panjang : Saatnya Pertanian Dikelola Anak Muda

Kehadiran Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) menjadi salah satu elemen penting dalam pembangunan pertanian. Bahkan kini pemerintah mendorong optimasi peran P4S untuk menggaet milenial untuk terjun ke dunia pertanian. P4S merupakan lembaga pelatihan pertanian dan pedesaan yang didirikan, dimiliki, dikelola oleh petani secara swadaya baik perorangan maupun berkelompok dan diharapkan dapat secara langsung berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui pengembangan sumber daya manusia pertanian dalam bentuk pelatihan/permagangan bagi petani dan masyarakat di wilayahnya. Ditetapkan menjadi P4S Terbaik Nasional sejak 2019 oleh Kementerian Pertanian P4S Permata ibu yang berada sekitar 2 KM dari Kota Padang Panjang di Provinsi Sumatera Barat. Didukung oleh kondisi alam yang elok dan berudara sejuk sebab dikelilingi Gunung Merapi dan Gunung Singgalang terus berupaya menjadi tempat pelatihan swadaya terbaik yang dalam waktu dekat ini akan memproduksi permen dan susu. Hal inilah yang dikatakan Joni Jafri, selama ini dia melihat P4S Permata Ibu sangat pro aktif dan terbuka dalam melakukan setiap kegiatannya, baik pelatihan pertanian kepada masyarakat maupun menerima kunjungan kerja dari instansi pemerintahan dan instansi Pendidikan, seperti penerimaan siswa magang dari kampus-kampus. Dari pemantauan kami, kontribusi P4S Permata Ibu terhadap masyarakat sangat nyata. Kami lihat bagaimana P4S Permata Ibu ini mampu menggerakkan rakyat untuk terjun ke dalam dunia pertanian dan menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar. Yang terpenting P4S Permata Ibu sangat terbuka dan mau berbagi ilmu kepada siapa saja yang datang berkunjung ke sini, ujar Joni. Mewakili Kepala Balai Pelatihan Pertanian Jambi Joni Jafri dan Hendri Yandri selaku widyaiswara BPP Jambi melakukan kunjungan ke P4s Permata Ibu yang berlokasi di Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur, Rabu dalam rangka Penyerahan Sarana Prasarana P4S berupa alat pengolah susu berupa mixer dan mesin ice cream. Dalam sambutannya Joni Jafri Juga menyampaikan bahwa Kementerian Pertanian melalui UPT nya Balai Pelatihan Pertanian Jambi akan terus memberikan dukungan bagi penumbuhan dan pengembangan P4S diwilayah kerjanya. Termasuk bagaimana menjadikan P4S sebagai tempat Pelatihan dan Permagangan. Khusus untuk P4S Permata Ibu sudah waktunya melakukan ekspansi dan memberikan pendampingan bagi pemuda tani sehingga muncul P4S baru yang dikelola anak-anak Milenial.

Ridwansyah selaku pengelola P4S permata ibu mengucapkan rasa syukur atas perhatian dan kepedulian Balai Pelatihan Pertanian Jambi kepada P4S Permata Ibu Padang Panjang. Ia pun berkomitmen untuk dapat menumbuhkembangkan beberapa P4S yang ada di Padang Panjang dan Sumbar.

Penyerahan Bantuan Sarana dan Prasarana ini juga dihadiri oleh Walikota Padang Panjang Fadli Amran, BSBA, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian, Kota Padang Panjang, Ketua P4S Permata Ibu beserta Anggota, Koordinator BPP Ganting beserta anggota, serta Lurah Ganting

Walikota Padang Panjang Fadli Amran menyambut baik bantuan dan perhatian menteri Pertanian atas P4S Permata Ibu diwilayah Padang panjang. Diharapkan ke depan akan muncul petani muda baru yang bisa berkolaborasi dengan P4S Permata Ibu. Sudah saatnya dunia pertanian dikelola kaum muda milenial.

“Apresiasi dan terima kasih kepada Balai Pelatihan Pertanian Jambi atas perhatiannya terhadap P4S yang ada di Kota Padang Panjang. Semoga dengan kemitraan dan kerja sama yang baik seperti ini, mampu meningkatkan gairah petani yang ada di kota ini.” Ucap Fadly.

“Kerja sama seperti ini tentunya sangat bermanfaat dan berdampak positif bagi masyarakat. Dengan adanya bantuan alat produksi ini, diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan produktivitas susu yang ada di Kota Padang Panjang agar mampu bersaing dengan susu di daerah lain, baik tingkat provinsi maupun nasional,” Tambahnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi meyatakan “Petani harus mengetahui proses pertanian dari hulu sampai ke hilir. Dari mengolah lahan sampai packaging, bahkan penjualan. Hal ini akan menjadi nilai lebih buat petani,” ujar Dedi.

Menurut Dedi P4S memiliki peran yang cukup penting untuk meningkatkan pengetahuan SDM pertanian. “P4S kita harapkan bisa membantu mencetak petani-petani andal, khususnya petani milenial,” katanya.