"

No Image

information

  • Published: BPP Jambi
  • Date: : 30-12-2021

P4S Lentera Kehidupan Sukses Kembangkan Integrasi Sawit dengan Ternak

Kementerian Pertanian mempunyai atensi yang besar dalam rangka menumbuhkan minat generasi milenial dalam mengembangkan pertanian modern. Melalui Badan melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Kementan terus berupaya meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM di bidang pertanian salah satunya melalui penumbuh kembangkan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S).

Pengembangan kelembagaan Pusat Pelatihan Pertanian Swadaya (P4S) merupakan suatu rangkaian memperkuat kelembagaan pelatihan pertanian swadaya melalui kegiatan apresiasi, sosialisasi, fasilitasi, pendampingan kelembagaan, pelatihan/permagangan, pengkaderan, penyuluhan, pengembangan teknologi tepat guna dan promosi.

Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi sebagai pembina dari P4S di wilayah binaannya melaksanakan pembinaan kebeberapa P4S sebagai langkah untuk menumbuh kembangkan kelembagaan P4S.

Pembinaan ini berupa pengembangan untuk pelatihan yang diarahkan untuk meningkatkan kemampuan dan menerapkan metodologi terhadap pelaku-pelaku usaha atau petani yang berada disekitar wilayah P4S.

P4S sebagai pusat pembelajaran bagi petani harus mampu terus menerus berkreativitas untuk peningkatan kuantitas dan kualitas produk pertanian dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi. Petani maju yang usahanya layak dicontoh dan ditiru oleh petani lainnya dalam mempercepat penerapan teknologi baru patut diapresiasi, ungkap Dedi Nursyamsi, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian.