No Image

information

  • Published: BPP Jambi
  • Date: : 01-11-2021

PENDAMPINGAN BPP JAMBI PADA PENGEMBANGAN SAPRAS P4S KARYA BERSAMA DI SIAK

Pada 18 Maret 2020, BPP Jambi melakukan identifikasi P4S calon penerima bantuan kelengkapan sapras p4s di kabupaten Siak. Salah satu P4S Karya mandiri di kecamatan Lubuk Dalam kabupaten Siak dipimpin oleh Jayus Sutomo yang bergerak dalam bidang intregasi ternak dan kelapa sawit.

Menurutnya, P4S ini mulai berdiri tahun 2012 seiring dengan banyaknya kunjungan dari dinas mupun PKL dari SMK pertanian untuk belajar mengenai pengolahan limbah ternak sampai aplikasinya di kelapa sawit.

Berdasarkan hasil diskusi dengan dinas pertanian serta konsultasi dengan BPP Jambi maka terbentuklah P4S karya bersama. Dalam pengembangannya P4S ini sudah bergerak kearah pengolahan limbah ternak menjadi pupuk cair maupun padat dan juga komoditi lain yaitu pengolahan ikan. Namun demikian, dalam hal P4S sebagai tempat pembelajaran masih banyak kendala yang dihadapi salah satunya kelengkapan sapras pembelajaran. Untuk itu P4S sudah mencoba mengusulkan proposal-proposal ke dinas terkait tentang hal tersebut.

BPP Jambi sebagai pembina P4S mewakili BPPSDMP kementrian pertanian mencoba memberikan jalan keluar untuk kendala yang dihadapi oleh P4S salah satunya mengusulkan P4S karya bersama menjadi calon penerima bantuan. Dalam diskusi dengan pengurus P4S dan Penyuluh pertanian dari dinas pertanian, BPP Jambi yang diwakili oleh Taufiqur Rahman menyampaikan bahwa P4S ini merupakan salah satu penyambung antara petani dengan kementrian pertanian dalam hal tranfer teknologi pertanian karena rata rata setiap P4S mempuyai pengembangan pertanian yang lebih maju dan sering menjadi acuan  bagi petani sekitarnya.