No Image

information

  • Published: BPP Jambi
  • Date: : 06-10-2021

Terus Lakukan Inovasi, P4S dibawah Komando Supari Menjadi Wisata Edukasi

Deretan tanaman kelapa sawit siap menyambut tatkala kita berkunjung ke Desa Dataran Kempas yang terletak di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Propinsi Jambi. Disanalah asal muasal kawasan wisata edukasi yang dirintis oleh Supari, seorang pendiri kelompok tani Mekar Jaya dan juga Ketua P4S Lentera Kehidupan.

Saya memulai kegiatan dari pembuatan pupuk kompos yang merupakan produk unggulan kawasan perdesaan disini, Supari mulai berkisah. Banyaknya ternak yang ada dan limbah dari tanaman kelapa sawit membuat saya berpikir untuk dapat memanfaatkannya menjadi pupuk organik, ujarnya.

Hal ini saya lakukan dalam rangka membantu petani dalam peremajaan kelapa sawit agar tidak mengalami temporary loss income atau kehilangan pendapatan saat replanting nanti. Saya juga bertujuan menjadikan manusia sehat dengan mengkonsumsi sayuran yang menggunakan pupuk organik dan tanah yang kritis akibat pupuk kimia menjadi sehat kembali, karena sistem yang kami gunakan disini adalah pertanian terpadu yang mendukung pembangunan pertanian berkelanjutan, tutur Supari.